Radius: Mati
Radius:
km Set radius for geolocation
Cari

Cara Perpanjang Ijin Makam di Jakarta

Cara Perpanjang Ijin Makam di Jakarta
Info

Foto beritagar.id

Baru-baru ini saya perpanjang ijin makam keluarga di TPU Petamburan tepatnya, bagi yang penasaran atau belum tahu cara perpanjang ijin makam setelah adanya perubahan cara perpanjang makam semoga artikel yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi anda.

Sebelum perpanjang ijin makam sebaiknya siapkan beberapa hal terlebih dahulu, hal yang dibutuhkan adalah :

  1. Fotocopy KTP ahli waris almarhum
  2. Surat ijin makam
  3. Materai Rp 6000 satu buah
  4. Surat kuasa dari ahli waris almarhum (apabila anda bukan ahli warisnya atau hanya sekedar mengurus sekali saja)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah datangi TPU lalu tunjukkan surat ijin makam yang mau diperpanjang ke pihak TPU, apabila sebelumnya pengurusan surat ijin makam diurus oleh orang lain maka dalam kesempatan ini ada dua alternatif yang bisa dilakukan.

Alternatif pertama adalah meminta surat kuasa di atas materai Rp 6000 dan fotokopi KTP dari orang yang bersangkutan untuk kemudian diurus di TPU dan di kelurahan. Alternatif kedua adalah dengan mengubah hak kuasa perpanjang ijin makam ke orang yang datang langsung mengurus makam.

Saya sendiri mengubah hak kuasa perpanjang ijin makam ke diri saya agar tidak repot lagi meminta surat kuasa dan fotokopi KTP orang sebelumnya. Tenang saja, hal ini tidak susah dilakukan dan pihak TPU sangat kooperatif, dari sini pihak TPU akan memberikan surat pengantar untuk kelurahan.

Kemudian berangkatlah ke kelurahan untuk mengurus perijinan makam, dalam hal ini saya ke kelurahan Petamburan, akses menuju kelurahan Petamburan ini cukup sempit, disarankan menggunakan kendaraan roda dua saja jangan menggunakan kendaraan roda empat, setibanya di kelurahan Petamburan langsung saja antri di loket PTSP untuk menyerahkan 1(satu) buah fotokopi KTP pengurus ijin makam, surat pengantar dari TPU dan anda diharuskan mengisi satu lembar formulir lagi di Kelurahan.

Note: Di sekitar Kelurahan ada tempat fotokopi, dari Kelurahan keluar ke kiri, kira-kira 50 meter di kanan ada warung fotokopi, untuk 1x fotokopi dikenakan biaya Rp 500.

Setelah semua urusan administrasi selesai sekitar 20 menit kira kira pihak kelurahan akan memberikan Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD), SKRD ini harus dibayarkan di Bank DKI (ingat bukan lewat ATM) lewat teller ya.

Bank DKI terdekat dari Kelurahan Petamburan ada di Dinas Pertamanan yang letaknya di antara Kelurahan Petamburan dan TPU Petamburan, segera menuju ke sana, serahkan SKRD dari Kelurahan ke teller Bank DKI, bayar biaya perpanjangan sewa tanah makam sesuai tarif kemudian anda akan diberikan SKRD nya lagi untuk dibawa ke Kelurahan.

Kembali ke Kelurahan, masuk ke loket PTSP serahkan SKRD dan bukti bayar dari Bank DKI, tidak lama kemudian anda akan diberikan surat IPTM (Ijin Penggunaan Tanah Makam) yang berlaku 3(tiga) tahun lamanya. Anda akan diberikan dua buah IPTM, satu untuk pihak TPU, satu untuk anda dan satu kuitansi pembayaran.

Kembali ke TPU, serahkan satu lembar IPTM untuk pihak TPU dan selesai sudah , silakan balik ke rumah untuk istirahat atau melanjutkan aktivitas sehari-hari anda.

Sekedar informasi tambahan

Tarif retribusi tergantung blok makam

Sewa tanah makam untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun
blokAA.1 Rp. 100.000
blok AA.II Rp. 80.000
blok A.l Rp. 60.000
blok A.II Rp. 40.000

Sumber : mikhailsurjadi.com

Komentar (9)

  1. Maaf syarat-syarat untuk perpanjang makam saudra saya dengan aplikasi online saya ke puspem harus bawa apa ajah ya kalau boleh tau

  2. Saya mau bayar perpanjangan pajak kuburan adek saya secara on line bisa gak? Tolong infonya ya…. Karena saya sekarang kerjanya di luar Jakarta. Terima kasih banyak sebelumnya.

  3. saya mau memperpanjang makam suami dan bapak saya yg terletak di TPU Kampung Kandang jakarta selatan, tapi KTP saya sendiri sebagai ahli waris bkn KTP Jakarta tetapi KTP Depok…apa hrs ke kelurahan sesuai KTP?

  4. Bagaimana jika telat sampai 6 tahun karena lupa, apakah dikenakan denda dan bagaimana perhitungannnya, terima kasih atas informasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai