Radius: Mati
Radius:
km Set radius for geolocation
Cari

REMUK ITU AMAN

REMUK ITU AMAN
Info

.*#teknologi*

 

_*REMUK ITU AMAN*_

 

Pernah melihat kendaraan yang mengalami kecelakaan dan bodi mobilnya remuk? Anda mungkin mengira, mobil itu kualitasnya payah. Padahal gak begitu.

 

Mobil sebagai produk otomotif terus mengalami penyempurnaan di berbagai aspek, baik dalam skala evolusi maupun revolusi.

 

Perkembangan dan perubahan yang mengarah ke upaya penyempurnaan itu, juga saling terkait satu dengan lainnya dengan melibatkan beragam disiplin keilmuan dan teknologi. Mulai dari ilmu rancang bangun, struktur, desain, aerodinamika hingga telematika.

 

Meski begitu,, mobil pada awalnya dan hingga sekarang, bertumpu pada satu unsur yang tidak mungkin dihilangkan, chassis. Dalam sejarah mobil modern, chassis mengalami evolusi yang berlangsung secara konsisten. Terutama, pada jenis mobil penumpang yang memang merupakan bahasan utama di sini.

 

Di tahap permulaan, industri merancang mobil dengan menggunakan chassis yang dikenal dengan model ladder chassis atau sasis jembatan. Dari konstruksi ladder chassis itu, lalu ditumpangkan konstruksi bodi. Dari struktur inilah, ladder chassis juga diistilahkan sebagai body on frame.

 

Pada perkembangan berikutnya – dengan berbagai tujuan – industry mobil memasuki era monocoque atau unibody. Ini merupakan terminology yang mengindikasikan bahwa rancang bangun mobil telah berubah dalam prinsip. Batang berbentuk chassis tidak lagi diperlukan.

 

Sebagai gantinya, industri otomotif menyodorkan desain bodi yang sekaligus berfungsi sebagai chassis.

 

Banyak keuntungan yang diperoleh dan langsung bisa dirasakan dengan kehadiran konstruksi monocoque atau unibody ini. Paling menonjol, yakni aspek kenyamanan yang semakin baik dirasakan penumpang.

 

Pada tahap berikutnya, monocoque juga dinilai banyak memberikan kemudahan dalam upaya mendongkrak atau meningkatkan nilai keselamatan kendaraan.

 

Salah satu contoh, monocoque memungkinkan diaplikasinya teknologi crumple zone. Yakni, bagian tertentu pada mobil yang dirancang khusus mengalami deformasi (baca: remuk) ketika terjadi benturan. Hal ini, hampir tidak mungkin dilakukan pada mobil dengan basis ladder chassis. Upaya optimal untuk peredaman benturan pada ladder chassis, paling sebatas rancang bangun bagian bumper.

 

Volvo misalnya, beberapa dekade lalu merancang bumper yang dilengkapi sistem peredam atau shock absorber. Tujuannya, mengeliminir impact yang terjadi ketika mobil bertabrakan.

 

Konsep ini, tentu saja berbeda dibandingkan pengembangan yang bisa dilakukan terhadap konstruksi chassis monocoque. Toyota sebagai contoh, merancang teknologi keselamatan pada kasus tabrakan dengan teknologi yang disebut GOA (Global Outstanding Assessment). Teknologi ini memungkinkan impact atau energi benturan diserap secara merata oleh bodi mobil untuk mengurangi dampak kecederaan pada penumpang.

 

Langkah yang kurang lebih serupa juga ditempuh Honda melalui teknologi yang mereka sebut ACE (Advanced Compatibility Engineering). ACE diklaim mampu memberikan perlindungan optimal kepada setiap penumpang mobil Honda. Dan di saat yang sama, sekaligus mengeliminir potensi kerusakan yang timbul pada kendaraan lain yang terlibat tabrakan dengan Honda.

 

Mitsubishi memberikan nama RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) untuk teknologi struktur bodi yang diaplikasi pada produk mobil mereka. Teknologi ini, nyaris tak berbeda dengan prinsip yang dikembangkan Honda untuk ACE.

 

Perkembangan pesat teknologi chassis ini juga ditunjukkan oleh produsen mobil Eropa dan Amerika seperti Audi, BMW, Mercedes-Benz, Volkswagen, Chrysler, General Motors, Ford dan sebagainya. Upaya untuk menemukan dan mengaplikasi bahan-bahan yang memiliki keunggulan kekuatan serta efisiensi, terus dilakukan.

 

Intinya, chassis telah menjadi basis dari hampir seluruh inovasi teknologi yang diaplikasi pada mobil sekarang ini. Chassis tak hanya menghasilkan struktur bodyshell yang canggih, tapi juga memicu berbagai penemuan di sektor sistem penggerak, transmisi, hingga ke sistem peredaman atau suspensi.

 

So, jika ada mobil remuk karena kecelakaan, itu berarti mobil itu tengah menyelamatkan penumpangnya. Remuk itu terjadi karena energi benturan diserap merata ke bodi, sehingga mengurangi energi benturan langsung ke penumpang. Nah, daripada penumpang yang remuk, mending mobilnya yang remuk β€˜kan?

 

*BE SAFETY RIDING*

 

 

*Info Promo Toyota :*

*APRI Astra Toyota*

*081282411155*

http:bit.ly/PromoAstra

 

*_MELAYANI PEMBELIAN NEW_* *CAR,Cash,Kredit,COP Dan TRADE IN ALL MERK. Membantu Memperpanjang ASURANSI,LEASE BACK BPKB ALLMERK,Blokir STNK.*

*_FAST RESPON_*

 

*_Referensi Bp/ibu SangatLah Berarti Untuk Kami_*πŸ™

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai